PENGARUH MODEL PEMBERLAJARAN OPEN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMAN 1 PASANGKAYU

DELIANUS LEMBONG (2019) PENGARUH MODEL PEMBERLAJARAN OPEN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI SMAN 1 PASANGKAYU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Delianus Lembong. 2019. Pengaruh model pembelajaran Open Inquiry terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Pasangkayu. Hasil, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Dr. Muslimin, M.Si. Kata Kunci :Model Pembelajaran Open Inquiry, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Open Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI SMAN 1 Pasangkayu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi menggunakan desain the non ekuivalen Prestest-postest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Pasangkayu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 15,16 lebih tinggi daripada kelompok kontrol 10,56. Uji hipotesis uji-t (dua pihak), diperoleh thitung = 1,01 dan ttabel = 1,98 pada taraf nyata 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada pada daerah penolakan Ho dan penerimaan H1. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh model pembelajaran Open Inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas XI SMAN 1 Pasangkayu. Hal ini disebabkan oleh rerata skor posttest yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Open Inquiry lebih tinggi dibandingkan rerata skor posttest yang diperoleh siswa pada kelas kontrol yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Aug 2019 07:03
Last Modified: 30 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item View Item