PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN

Sahna Labetta , (2019) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 DAMPAL SELATAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sahna, 2019. Penerapan Pendekatan Scientifik Berbasis Praktikum Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Dampal Selatan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Dewi Tureni. Penerapan pendekatan scientifik guru harus senantiasa menciptakan suasana belajar yang kondusif untuk dapat mendorong keberhasilan peserta didik. Pencapaian hasil ditentukan oleh kompetensi atau kemampuan guru dalam mengelola interaksi belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dampal Selatan melalui kegiatan praktikum dengan pendekatan scientifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (Arikunto, 2007) yang terdiri atas empat komponen yaitu : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Hasil penelitian bahwa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dampal Selatan dapat ditingkatkan dengan menerapkan model pendekatan scientifik. Hal ini ditunjukkan oleh hasil tes akhir (post test) siklus 1 diperoleh daya serap klasikal sebesar 65,10?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 70%. Sedangkan siklus II telah mengalami peningkatan diperoleh daya serap klasikal sebesar 75,90?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%. Kata Kunci : Pendekatan Scientifik, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 14 Jun 2019 07:03
Last Modified: 14 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/110

Actions (login required)

View Item View Item