PREDIKSI UMUR RENCANA FLEXIBLE PAVEMENT MENGGUNAKAN METODE HDM III

SRI WAHYUNI RAMADHAN, (2019) PREDIKSI UMUR RENCANA FLEXIBLE PAVEMENT MENGGUNAKAN METODE HDM III. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sri Wahyuni Ramadhan, F 112 15 032, Prediksi Umur Rencana Flexible Pavement Menggunakan Metode HDM III. Dibimbing oleh Syamsul Arifin dan I Gusti Made Oka. Output yang perlu diketahui dalam mendesain konstruksi perkerasan lentur AC WC adalah berapa lama infrastruktur dapat memberi layanan sesuai kualitas dan akumulasi beban yang ada, artinya selama periode layanan diharapkan tidak terjadi kerusakan berarti pada konstruksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh akumulasi beban lalu lintas terhadap tebal permukaan (surface) dan total ketebalan (H Tot) lapis permukaan konstruksi jalan, serta menganalisis perubahan umur layanan hingga terjadi retak halus (TYN) pada lapis permukaan campuran beraspal AC-WC dengan bertambahnya komulatif beban gandar (wt) pada kelompok umur rencana (n = 5, 10, hingga 20 tahun) dan kelompok persentase pertumbuhan lalu lintas (g = 2,5%, 5%, hingga 10%) terhadap pavement age konstruksi perkerasan lentur. Untuk menentukan Modulus elastisitas campuran beraspal (Sme), dibutuhkan sejumlah data, antara lain: nilai koofisien relatif material pada setiap lapis perkerasan (a), data daya dukung tanah dasar (CBRSG) serta data rencana akumulasi tahunan beban standar 8,16 ton (wt). Seluruh data di atas merupakan hal esensial yang dibutuhkan untuk memprediksi pavement age dan pavement life konstruksi dengan Metode HDM III yang disediakan oleh world bank. Semakin tinggi beban gandar (wt) maka total ketebalan (H-Tot) semakin besar. Untuk petumbuhan lalulintas (g = 2,5%) H-tot rata-rata 400,13 mm dan pertumbuhan lalulintas 10% memiliki H tot rata-rata 435,40 mm. Periode layanan hingga terjadi retak halus (TYN) yang terlama yaitu pada pertumbuhan 2,5?ngan rata-rata 3,17 tahun. Sedangkan Periode layanan hingga terjadi retak halus (TYN) yang tercepat terjadi pada pertumbuhan 10?ngan rata-rata 2,52 tahun. Keywords: Flexible Pavement dan HDM III ?

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Civil Engineering
S2 - Master Theses > Master of Civil Engineering
Divisions: Postgraduate > Master of Civil Engineering
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Civil Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Sep 2019 07:03
Last Modified: 13 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1145

Actions (login required)

View Item View Item