PENGARUH EKSTRAK DAUN LIDAH MERTUA TERHADAP FAAL DARAH TIKUS PUTIH GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI DENGAN KARBON TETRAKLORIDA CCL DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Dian Srikandi Purri, (2019) PENGARUH EKSTRAK DAUN LIDAH MERTUA TERHADAP FAAL DARAH TIKUS PUTIH GALUR WISTAR YANG DIINDUKSI DENGAN KARBON TETRAKLORIDA CCL DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

-Pengaruh ekstrak daun lidah mertua (sansevieria trifasciata) terhadap faal darah tikus putih Rattus norvergicus galur wistar yang diinduksi dengan karbon tetraklorida (CCl<sub>4</sub>) dan pemanfaatannya sebagai media pembelajaran. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Achmad Ramadhan. Daun lidah mertua telah diketahui memiliki kandungan antioksidan tinggi berupa vitamin C dan vitamin E yang dapat mereduksi radikal bebas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekstrak daun lidah mertua (sansevieria tfasciata) dan menentukan konsentrasi optimal terhadap faal darah tikus Rattus norvegicus</em>) galur wistar yang diinduksi dengan karbon tetraklorida (CCl<sub>4</sub>) serta menghasilkan media pembelajaran berupa poster.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental Eksperimental Research Jenis rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL). Jumlah sampel yang digunakan 24 ekor tikus putih. Terdiri dari 6 kelompok perlakuan dan 4 ulangan. Kelompok (0) merupakan kelompok tanpa perlakuan, (K-) hanya diinduksi CCl<sub>4</sub> secara oral, P1 diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 25%, P2 diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 50%, P3 diberi ekstrak daun lidah mertua konsentrasi 75?n P4 diberi ekstrak daun lidah mertua 100%. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan ANAVA yang diolah menggunakan program STAT-27. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ekstrak daun lidah mertua berpengaruh terhadap peningkatan jumlah faal darah tikus putih. Konsentrasi ekstrak daun lidah mertua yang paling efektif berpengaruh terhadap faal darah tikus putih adalah konsentrasi 100%. dan hasil penelitian ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Jun 2019 07:03
Last Modified: 01 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item View Item