Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja

Nurhaliza (2019) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhaliza (2019), Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Berdasarakan penelitian, peneliti merumuskan dalam judul penelitian “Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Metode Role Playing Di Kelas V SDN 22 Sirenja” penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran yang efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Sirenja dan aktifitas belajar siswa dikelas. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas V SDN 22 Sirenja. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas beberpa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dengan adanya data-data yang terkumpul dengan indikator batasan nilai hasil dan proses minimal sebasar 70. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil blajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes dari akhir siklus. Hasil penelitian siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa 65,95?ngan presentase ketuntasan 47,6%, aktifitas siswa dengan nilai yaitu 51,11% sedangkan presentase aktivitas guru pada siklus I 54,44%. Pada penelitian siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 81,66?ngan presentase ketuntasan 80,95% sehingga sudah memenuhi indikator kinerja denga nilai rata-rata aktifitas siswa 82,22?n presentase aktivitas guru 80?ri pelaksanaan siklus diatas ternyata ada peningkatan. Kesimpulan dari pelaksanaan tindakan kelas ini bahwa pemmbelajaran dengan metode Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 22 Sirenja tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Metode Pembelajaran Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:03
Last Modified: 16 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1190

Actions (login required)

View Item View Item