ANALISIS KARAKTER MORFOLOGI UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN KEKERABATAN INTRASPESIES TANAMAN PURING (Codiaeum Variegatum) DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Ayu Virawati, (2019) ANALISIS KARAKTER MORFOLOGI UNTUK MENENTUKAN HUBUNGAN KEKERABATAN INTRASPESIES TANAMAN PURING (Codiaeum Variegatum) DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ayu Virawati, 2019. Analisis Karakter Morfologi untuk Menentukan Hubungan Kekerabatan Intraspesies Puring (Codiaeum variegatum) dan Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I Made Budiarsa. Tanaman Puring (Codiaeum variegatum) merupakan tanaman hias populer yang memiliki keragaman corak dan warna serta bentuk daunnya yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekerabatan antar varietas puring berdasarkan data morfologi. Metode yang digunakan yaitu deskriptif eksploratif. Sampel pada penelitian ini berjumlah 8 varietas tanaman puring setiap varietas menggunakan 5 individu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Pengukuran karakter morfologi puring dilakukan berdasarkan 14 karakter morfometrik, 6 karakter meristik dan 82 karakter kualitatif. Data dianalisis menggunakan program PFE (Program File Editor) kemudian data dianalisis dengan program MVSP (Multivariat Statistical Package). Indeks similaritas dihitung menggunakan metode Simple Matching Coefisient dan penentuan hubungan kekerabatan menggunakan UPGMA algorithm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 8 varietas tanaman puring yang membentuk 7 klaster dan memiliki hubungan kekerabatan dekat. Hubungan kekerabatan terdekat dimiliki oleh varietas Sakura dan varietas Panada/Keris dengan indeks similaritas 0,725%, sedangkan hubungan kekerabatan terjauh dimiliki oleh Node 6 (Varietas Anggur, varietas Mentega, varietas Sakura, varietas Panada/Keris, varietas Oskar, varietas Kirana, dan varietas Aligator) dan varietas Garuda putih dengan indeks similaritas 0,587%. Hasil validasi bahwa poster layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan presentase kelayakan yaitu 77,75%. Kata Kunci : Puring, hubungan kekerabatan, karakter morfologi dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:03
Last Modified: 17 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item