PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 SARJO

Devi Ratna Sari, (2019) PENGGUNAAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP KELAS VII A DI SMP NEGERI 1 SARJO. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Devi Ratnasari, 2019. Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Keanekaragaman Makhluk Hidup Kelas VII A di SMP Negeri 1 Sarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Univerisitas Tadulako, Palu. Pembimbing : (I). H. Abd. Hakim Laenggeng, (II). Ritman Ishak Paudi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang keanekaraman makhluk hidup kelas VII A di SMP Negeri 1 Sarjo? Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah : mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa tentang keanekaragaman makhluk hidup di SMP Negeri 1 Sarjo dengan menggunakan lingkungan sekolah sebagai media pembelajarannya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model siklus yang dikembangkan sesuai dengan prosedur PTK, yaitu suatu siklus yang terdiri dari kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun data dikumpulkan melalui penelitian proses dan penilaian hasil setiap akhir tindakan. Pada akhirnya hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa melalui Penggunaan Lingkungan Sekolah sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Keanekaragaman Makhluk Hidup Kelas VII A di SMPNegeri 1 Sarjo dapat ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 65% sehingga belum mencapai kriteria ketuntasan maksimum. Sedangkan pada siklus II sebesar 100?n termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulakan bahwa hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II dengan menggunakan media lingkungan mengalami peningkatan sebesar 35%. Penggunaan lingkungan sekolah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang keanekaragaman makhluk hidup di kelas VII A SMP Negeri 1 Sarjo. Kata kunci: Lingkungan sekolah, Hasil belajar ?

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:03
Last Modified: 16 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

View Item View Item