PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA BIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LORE TIMUR

Sisilia Ekasiana Gelong (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TENTANG IPA BIOLOGI KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 LORE TIMUR. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sisilia Ekasiana Gelong, 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing : Dr. Lilies Tangge, M.P. Model Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran dengan berbasis masalah yang kongkrit dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa tentang IPA Biologi Kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment (Eksperimen semu) dengan desain the non-equivalent pretest-posttest control group design. Sampel yang dipilih mengunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelompok yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen (n=32) dan kelas VIII B sebagai kelompok kontrol (n=32). Berdasarkan hasil analisis data pretest untuk kelas eskperimen diperoleh rata-rata skor adalah 43,22 dengan standar deviasi 9,12, sedangkan kelas kontrol diperoleh rata-rata skor adalah 43,06 dengan standar deviasi 9,35. Setelah diberikan perlakuan pada kedua kelas tersebut diperoleh data hasil posttest pada kelas eksperimen memiliki rata-rata skor 80,19 dengan standar deviasi 7,39, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata skor adalah 67,12 dengan standar deviasi 6,99. Analisis data tes dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak dengan nilai signifikan ? = 0,05. Diperoleh nilai thitung = 7,657 dan ttabel = 1,998 ( thitung>ttabel ) dengan nilai signifikan adalah 0,00 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho dan H1 berada di daerah penerimaan. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diberi perlakuan sehingga dapat dikatakan ada pengaruh model pembelajaran model Problem Based Learning berbantuan media Audiovisual terhadap hasil belajar siswa tentang IPA Biologi kelas VIII di SMP Negeri 1 Lore Timur. Kata Kunci : Model problem based learning, media audiovisual, IPA, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:03
Last Modified: 17 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1355

Actions (login required)

View Item View Item