PENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA BERGAUL POSITIF TEHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 PALU

NURHAMSIAH (2019) PENGARUH LAYANAN INFORMASI CARA BERGAUL POSITIF TEHADAP INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 5 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nurhamsiah, 2019. Pengaruh Layanan Informasi Cara Bergaul Terhadap Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 5 Palu. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Ridwan Syahran, Pembimbing (II) Munifah. Kata Kunci : Layanan Informasi Cara Bergaul, Interaksi Sosial Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh positif layanan informasi cara bergaul terhadap interaksi sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh layanan informasi cara bergaul terhadap interaksi sosial siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket interaksi sosial siswa. Data penelitian selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis menggunkan SPSS. Hasil analisis deskriftif menjelaskan bahwa interaksi sosial siswa sebelum mengikuti layanan informasi tidak ada siswa yang memiliki interaksi sosial sangat baik, 43% siswa yang memiliki interaksi sosial yang baik, 43% siswa yang memiliki interaksi sosial yang cukup baik dan 14% siswa yang memiliki interaksi sosial yang tidak baik. Sesudah mengikuti layanan informasi cara bergaul positif, mengalami peningkatan yakni 20% siswa yang memiliki interaksi sosial yang sangat baik, 60% siswa yang memiliki interaksi sosial yang baik, 20% siswa yang memiliki interaksi sosial yang cukup baik dan tidak ada siswa yang memiliki interaksi sosial yang tidak baik, hasil ini menunjukkan bahwa interaksi sosial siswa di sekolah mengalami peningkatan 70%. Hasil analisis menggunakan SPSS diperoleh nilai Sig. (2 tailed) 0.000 < ? 0.05. Hasil analisis menunjukkan bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh positif layanan informasi cara bergaul terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII D. Hasil penelitian membuktikan bahwa layanan informasi cara bergaul berpengaruh positif terhadap interaksi sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 17 Sep 2019 07:03
Last Modified: 17 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item View Item