PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA SMA NEGERI 5 PALU

Irmawati, (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BIOLOGI PADA SMA NEGERI 5 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Irma Wati, 2019. Pengaruh Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains terhadap Pemahaman Konsep Biologi pada Siswa SMA Negeri 5 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mohammad Jamhari Kata Kunci: Penerapan pendekatan keterampilan proses sains, pemahaman konsep biologi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu. Untuk melihat keberhasilan dari penelitian ini, diadakan test awal untuk mengetahui kemampuan siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada materi sistem ekskresi. Setelah itu pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses sains dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional (Direct Intruction). Setelah pembelajaran selesai, kedua kelas kembali diberikan test akhir untuk menguji hasilnya. Berdasarkan hasil dari kedua kelas, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 5,5 dan 6,56 untuk test awal, sedangkan untuk test akhir rata-ratanya adalah 6,34 dan 6,81. Dari hasil analisis data tes akhir yang ada diperoleh nilai ttable 0,40 sedangkan nilai thitung 0,57. Sehingga nilai thitung berada diluar daerah penerimaan Ho, dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima dengan kata lain pemahaman konsep Biologi kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan pendekatan keterampilan proses sains pada taraf nyata berbeda secara signifikan dengan kelompok siswa yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional (Direct Intruction), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses sains terhadap pemahaman konsep Biologi pada siswa SMA Negeri 5 Palu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:03
Last Modified: 19 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1401

Actions (login required)

View Item View Item