MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B TK AL-AMIN DESA KANUNA KECAMATAN KINOVARO KABUPATEN SIGI

MUKMIN (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MEWARNAI DI KELOMPOK B TK AL-AMIN DESA KANUNA KECAMATAN KINOVARO KABUPATEN SIGI. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mukmin. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mewarnai di Kelompok B TK Al-Amin Kanuna . Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing I: Dr.Nurhayati, M.Pd.I, Pembimbing II: Sita Awalunisah, S.Pd,.M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak masih rendah, terutama dalam kemampuan kelenturan jari, kemampuan kecepatan, dan kemampuan ketepatan anak. Hal ini disebabkan karena kegiatan yang digunakan guru kurang maksimal, sehingga perkembangan motorik anak belum optimal yang berdampak pula pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menggunakan kegiatan mewarnai untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak di kelompok B TK Al-Amin Kanuna. Setting penelitian ini, yaitu anak kelompok B TK Al-Amin Kanuna yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 8 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas yang dimulai dari perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan secara bersiklus dengan 4 kali tindakan dalam 2 siklus. Data dikumpulkan dengan cara observasi, tanya jawab, pemberian tugas dan dokumentasi, serta alat yang digunakan adalah lembar observasi baik untuk aktivitas guru maupun murid. Selanjutnya dianalisa secara persentasi untuk menarik kesimpulan. Data yang dikumpulkan saat pra tindakan yang menjadi subyek penelitian pada semua aspek yang diamati tentang kemampuan motorik halus anak, 6,67?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 22,22?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 31,11?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 40?lam kategori Belum Berkembang (BB). Setelah dilakukan tindakan, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak terbukti ada peningkatan dari siklus I ke siklus II. Secara umum, terjadi peningkatan pada semua aspek, dimana pada siklus I terdapat 24,45?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) , 35,55?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 20?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 20?lam kategori Belum Berkembang (BB). Selanjutnya pada siklus II terdapat 46,66?lam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 40?lam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 11,11?lam kategori Mulai Berkembang (MB), serta 2,23?lam kategori Belum Berkembang (BB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan mewarnai dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus Anak, Kegiatan Mewarnai

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 19 Sep 2019 07:03
Last Modified: 19 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1421

Actions (login required)

View Item View Item