HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SIRENJA KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA

SUCI FIDYARSIH, (2019) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SIRENJA KECAMATAN SIRENJA KABUPATEN DONGGALA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Suci Fidyarsih, 2019. “ Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sirenja Kabupaten Donggala”, Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lestari M.P Alibasyah. Status gizi siswa merupakan pendukung pembentukan SDM yang berkualitas. Melaksanakan pemantauan status gizi secara berkala menjadi sangat penting untuk mengetahui besaran masalah yang perlu ditanggulangi di masyarakat secara umum. Penelitian ini dilaksankan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Penelitian ini adalah penelitian dengan metode kuantitatif yang termasuk jenis penelitian analitik survei dengan pendekatan cros sectional. Teknik Sampling yang digunakan pada penelitian ini menggunakan random sampling, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala. Pengumpulan status gizi diperoleh dari data pengukuran berat badan dan tinggi badan, prestasi belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata rapor siswa. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan sebesar 0,05 (5%). Hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi r hitung -0,02 dan r tabel 0,169 yang menunjukan nilai p<0,02 ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara status gizi dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sirenja Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala dengan kategori rendah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya faktor dari dalam diri (endogen) dan faktor dari luar (eksogen) Kata kunci: Status gizi dan Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:03
Last Modified: 23 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1432

Actions (login required)

View Item View Item