Dampak Tingkat Pendidikan Terhadap Masalah Sosial Masyarakat Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala (Studi Kasus Pada Anak Putus Sekolah)

ARICA NUZULYANTI (2019) Dampak Tingkat Pendidikan Terhadap Masalah Sosial Masyarakat Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala (Studi Kasus Pada Anak Putus Sekolah). Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arica Nuzulyanti, 2013. Dampak Tingkat Pendidikan Terhadap Masalah Sosial Masyarakat Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala (Studi Kasus Pada Anak Putus Sekolah), Skripsi, Program Studi Pendidikan Geografi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Nurvita, Pembimbing (II) Ika Listiqowati. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Toaya Dusun V Umala kecamatan Sindue Kabupaten Donggala dengan tujuan (1) untuk mendekripsikan dampak rendahnya tingkat pendidikan terhadap kehidupan sosial masyarakat di Desa Toaya Dusun V Umala Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala (2) Untuk mendekrisipkan faktor apa saja yang menyebabkan anak putus sekolah di Desa Toaya Dusun V Umala Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah anak-anak putus sekolah yang ada di Desa Toaya Dusun V Umala Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deksriptif melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan dampak negatif putus sekolah khususnya pada jenjang pendidikan rendah, kemudian tidak bekerja, atau tidak berpenghasilan tetap menjadi beban masyarakat bahkan sering menggangu ketentraman masyarakat. Hal ini di akibatkan kurangnya pendidikan atau pengalaman intelektual serta tidak memiliki keterampilan yang dapat menopang kehidupan sehari-hari. Adapun dampak dari putus sekolah tersebut adalah pengangguran dan bayaknya perkelahian antar anak muda, serta menambah beban bagi orang tua dan dirinya sendiri. Faktor yang menyebabkan anak-anak di Dusun tersebut putus sekolah yakni faktor Eksternal dan faktor internal, dari dua faktor yang paling mendominasi anak putus sekolah di Desa Toaya Dusun V Umala adalah faktor Eksternal yakni kurangnya motivasi, lingkungan sosial (pergaulan), kurangnya perhatian orang tua terhadap pendidikan anak dan keterbatasan ekonomi. Kata Kunci : Anak Putus Sekolah dan Dampak Putus Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Geography Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:03
Last Modified: 17 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item