KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS SEBELAS MAN 2 PALU

SANTI, (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI FRAYER MODEL UNTUK MENINGKATKAN KOSA KATA SISWA KELAS SEBELAS MAN 2 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Santi (A12115135) Keefektifan dari Penggunaan Strategi Frayer Model untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas Sebelas MAN 2 Palu. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Bahasa dan Seni, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako, dibawah bimbingan Ferry Rita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah penggunaan strategi frayer model dapat meningkatkan kosakata siswa kelas sebelas MAN 2 Palu, khususnya dalam penguasaan kata benda yang umum, kata kerja tindakan dan kata sifat yang deskriptif. Peneliti menerapkan metode penelitian semu yang melibatkan grup eksperimen dan grup control. Sample penelitian ini adalah kelas XI IIK 1 sebagai grup eksperimen dan kelas XI IIK 2 sebagai grup kontrol. Kedua sampel tersebut dipilih menggunakan teknik cluster sampling. Dalam mengumpulkan data, peneliti memberikan pra-tes dan pasca-tes untuk kedua grup. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antar hasil pra-tes dan pasca-tes untuk kedua grup. Nilai rata-rata grup eksperimen sebelum perlakuan adalah 55.6, sedangkan grup kontrol adalah 49.0. setelah memberikan perlakuan, nilai rata rata post-test di grup eksperimen adalah 78.4 dan grup kontrol adalah 58.1. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa nilai t-amati (3.47) lebih tinggi di bandingkan nilai t-tabel (1995.8) yang mengindikasikan bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian, penggunaan frayer model efektif untuk meningkatkan penguasaan kosa kata khususnya dalam penguasaan kata benda yang umum, kata kerja tindakan dan kata sifat yang deskriptif. Kata kunci: Frayer Model; Penguasaan Kosakata.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:03
Last Modified: 30 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1746

Actions (login required)

View Item View Item