MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 PALU MELALUI METODE PENULISAN ESTAFET

WIWIK LIANI, (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN TEKS DESKRIPSI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 5 PALU MELALUI METODE PENULISAN ESTAFET. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas Metode Menulis Estafet untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di Kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel penelitian adalah X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 21 siswa dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes diberikan dua kali: pre-test dan post-test. Data dianalisis secara statis untuk mengetahui pencapaian yang signifikan dari siswa pada pre-test dan post-test. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan metode penulisan estafet, sedangkan kelas kontrol diajarkan tanpa metode. Setelah menganalisis data, peneliti menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor kelas eksperimen dan kelas kontrol. Skor kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. T-hitung (7,72) lebih tinggi dari t-tabel (2,021). Dengan kata lain, metode penulisan estafet dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa di kelas X SMAN 5 Palu dalam menulis teks deskriptif. Kata Kunci: Peningkatan, Keterampilan Menulis, Teks Deskriptif, Metode Penulisan Estafet.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:03
Last Modified: 01 Oct 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item