NURYAN BERESE (2019) PENGARUH LAYANAN INFORMASI MAKNA SIMBOLIK BUDAYA MODULU-DULU TERHADAP PENINGKATAN SIKAP SOLIDARITAS SISWA KELAS XA SMA NEGERI 1 LORE SELATAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap solidaritas siswa kelas XA SMA Negeri 1 Lore Selatan serta apakah ada pengaruh positif layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu terhadap sikap solidaritas siswa disekolah kelas XA SMA Negeri 1 Lore Selatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana sikap solidaritas siswa disekolah kelas XA SMA Negeri Lore Selatan sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu serta untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah angket sikap solidaritas. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskiptif menunjukkan bahwa sikap solidaritas siswa sebelum dilaksanakan layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu dari 29 siswa yang menjadi responden yaitu : 13,79% siswa memiliki sikap solidaritas yang positif, 44,83% siswa memiliki sikap solidaritas yang negatif, dan 41,38% siswa memiliki sikap solidaritas yang sangat negatif. Sedangkan sesudah dilaksanakan layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu terjadi peningkatan yaitu: 13,79% siswa memiliki sikap solidaritas yang sangat positif, 51,73% siswa memiliki sikap solidaritas yang positif, dan 34,48% siswa memiliki sikap solidaritas yang negatif. Hasil analisis inferensial diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh positif pemberian layanan informasi makna simbolik budaya modulu-dulu terhadap peningkatan sikap solidaritas siswa kelas XA SMA Negeri 1 Lore Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Theses) |
---|---|
Subjects: | University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling |
Depositing User: | system estd estd |
Date Deposited: | 29 May 2019 07:03 |
Last Modified: | 29 May 2019 06:35 |
URI: | http://repository.untad.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |