Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tunjukan Dan Katakan Terhadap Siswa Kelas Delapan Di SMP Negeri 13 Palu

Gusti Reno, (2019) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Tunjukan Dan Katakan Terhadap Siswa Kelas Delapan Di SMP Negeri 13 Palu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gusti Reno, Nomor Stambuk A121 14 051, 2019. Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Metode Show and Tell pada Siswa Kelas Delapan di SMP Negeri 13 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Konder Manurung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Metode Show and Tell meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan di SMP Negeri 13 Palu atau tidak.. Peneliti menggunakan desain penelitian quasi-experimental yang melibatkan kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menerima perlakuan, sedangkan kelompok kontrol tidak. Sampel penelitian ini adalah Kelas E sebagai kelompok eksperimen yang terdiri dari 31 siswa dan Kelas F sebagai kelompok kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Tes digunakan sebagai instrumen pengumpulan data, instrumen tes berupa tes lisan yang terdiri dari pre-test dan post-test. Tes diberikan kepada kelompok eksperimen dan kontrol. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum perlakuan, sedangkan post-test digunakan untuk mengukur kemampuan siswa setelah perlakuan. Nilai rata-rata dari pre-test kelompok eksperimen adalah 50.3 sedangkan kelompok kontrol adalah 52.1. Nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen adalah 76.3 sedangkan kelompok kontrol adalah 63.9. Hasil pre-test dan post-test dianalisis secara statistik dengan menggunakan t-test. Dengan menggunakan level of significance 0.05 dan degree of freedom (df) 47, hasilnya menunjukkan bahwa nilai t-counted (9.46) lebih tinggi dari nilai t-table (2.014). Ini berarti hypothesis diterima. Dengan kata lain, menggunakan Metode Show and Tell efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas delapan di SMP Negeri 13 Palu. Kata kunci: Meningkatkan, Kemampuan Berbicara, Metode Show and Tell

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:03
Last Modified: 03 Oct 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1848

Actions (login required)

View Item View Item