PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 SIGI

Irwan Nur Rizky (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI KELAS VII F SMP NEGERI 4 SIGI. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Irwan Nur Rizky. 2019. Penerapan model pembelajaran problem posing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi persamaan linear satu variabel di Kelas VII F SMP Negeri 4 Sigi. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Abdul Hamid (II) Muh.Rizal. Tujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4 Sigi pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I banyaknya siswa yang tuntas yakni 17 siswa dengan persentase ketuntasan 62,96?n pada siklus II banyak siswa yang tuntas yakni 20 siswa dengan persentase ketuntasan 76,92%. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus I berada pada kategori sangat baik dan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I berada pada kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II berada pada kategori sangat baik. Subjek penelitian ini sebanyak 27 siswa dan dipilih tiga sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 4Sigi pada materi persamaan linear satu variabel, dengan lima komponen yaitu: 1) Menyajikan Informasi, 2) Mengorganisir Siswa ke dalam Kelompok-kelompok Belajar, 3) Membimbing Kelompok, 4) Evaluasi, 5) Pemberian Penghargaan Kata kunci: Model pembelajaran Problem Posing; Hasil Belajar; Persamaan Linear Satu Variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:03
Last Modified: 03 Oct 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1889

Actions (login required)

View Item View Item