REKAYASA LALU LINTAS DAN PEREKONOMIAN KOTA PADA TRANSPORTASI DI KOTA PALU

MOHAMMAD SYAIFUL (2020) REKAYASA LALU LINTAS DAN PEREKONOMIAN KOTA PADA TRANSPORTASI DI KOTA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis rekayasa lalu lintas yang memberikan dampak ekonomi pada transportasi di Kota Palu. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari instansi-instansi terkait seperti Dinas Perhubungan Kota Palu, DLLAJR, dan lain sebagainya. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif berupa data Lalu Lintas Harian RataRata Tahunan (LHRT) atau Lalu Lintas Harian Rata-Rata (LHR), data Volume Jam Perencanaan (VJP), data kapasitas jalan, dan data derajat kejenuhan dari beberapa ruas jalan di Kota Palu yang mendapatkan pemberlakukan rekayasa lalu lintas berupa jalan satu arah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberlakuan rekayasa lalu lintas dinilai memberikan dampak positif pada masalah transportasi di Kota Palu, dimana terwujud sistem transportasi yang lancar, aman dan nyaman sehingga segala macam bentuk aktivitas perekonomian, perkantoran dan pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Juga memberikan dampak positif pada perekonomian di Kota Palu berkaitan dengan fungsi dan perannya dalam mengurai kemacetan sehingga keberadaan transportasi memperlancar mobilisasi arus penumpang, barang dan jasa serta mendukung kelancaran pola distribusi barang dan jasa pada beberapa lokasi yang menjadi pusat kegiatan perekonomian di Kota Palu dan mendukung pengembangan wilayah sehingga terwujud Quality, Cost, dan Delivery (QCD) dalam konsep manajemen berlalu lintas. Namun demikian, disisi lain memberikan dampak negatif pada pendapatan pemilik usaha yang lokasi usahanya berada di kesepuluh jalan utama di Kota Palu yang mendapatkan kebijakan rekayasa lalu lintas tersebut ditandai dengan menurunnya omzet penjualan dari beberapa orang pemilik toko yang berada di wilayah tersebut. Kata kunci: Rekayasa Lalu Lintas, Perekonomian Kota, Transportasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Rural Planning
S2 - Master Theses > Master of Rural Planning
S2 - Master Theses > Master of Rural Planning
Divisions: Postgraduate > Master of Rural Planning
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Rural Planning
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Rural Planning
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 12 Feb 2020 07:03
Last Modified: 12 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3209

Actions (login required)

View Item View Item