Pengaruh Pendekatan Contextal Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Palu

LESTARI TARUK DATU (2020) Pengaruh Pendekatan Contextal Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 4 Palu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lestari Taruk Datu, 2019. Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Amiruddin Kade., M.Si. Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning; Model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw; Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen dengan quasi-experimental design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 4 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan sampel penelitian adalah kelas X IPA 4 sebagai kelompok eksperimen dan X IPA 3 sebagai kelompok kontrol. Instrumen hasil belajar fisika berupa tes pilihan ganda yang divalidasi melalui validitas ahli dan uji soal. Pengujian data hasil belajar siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 15,08 dengan standar deviasi 8,69 dan nilai rata-rat kelompok kontrol adalah 12,06 dengan standar deviasi 8,48. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t, diperoleh thitung = 4,25 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan ? = 0,05. Ini berarti bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3463

Actions (login required)

View Item View Item