Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu

FADIL ASWADI (2020) Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fadil Aswadi, 2019 Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud M. Gamar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis, dan M.C. Taggart dengan menerapkan 4 komponen dan dua siklus yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, dan wawancara serta dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu dengan mengikuti fase-fase yaitu : (1) menyajikan tujuan dan memotivasi siswa, (2) mengontrol jalannya diskusi, (3) membimbing siswa dalam diskusi dan Tanya jawab, (4) memberikan penghargaan, (5) memberikan tugas akhir. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I yaitu 61,09?n siklus II sebesar 85,71%. Dibandingkan dengan hasil pemberian tes pra tindakan, tes akhir siklus I dan siklus II menunjukkan sebagian besar sudah memahami dengan baik materi tersebut, sehingga dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Benggaulu. Kata Kunci : Strategi, jigsaw, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item