Pengaruh Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke

Fitriani M (2020) Pengaruh Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fitriani M., 2019. Pengaruh Model POGIL (Proccess Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palu pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke. Skripsi. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr.Muslimin,M.Si. Kata Kunci: Model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning), Keterampilan Proses Sains Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 5 palu pada materi elastisitas dan hukum hooke. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan desain nonequivalent pretest-posttest. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Palu. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini purposive sampling dengan sampel penelitian kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelompok kontrol. Instrumen keterampilan proses sains siswa berupa tes pilihan ganda yang divalidasi melalui validitas ahli. Pengujian data keterampilan proses sains siswa menggunakan analisis statistik uji-t dengan prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisa data, diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 13,88 dengan standar deviasi 2,08 dan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 12,01 dengan standar deviasi 2,39. Berdasarkan uji hipotesis dengan statistik uji-t, diperoleh thitung = 3,11 dan ttabel = 1,67 pada taraf signifikan ?=0,05. Hal ini menunjukkan bahwa nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) terhadap keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 5 palu pada materi elastisitas dan hukum hooke.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Physics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3654

Actions (login required)

View Item View Item