PENGARUH KEGIATAN GERAK DAN LAGU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK ANUNTALOKO DESA JONO KALORA KECAMATAN PARIGI BARAT KABUPATEN PARIGI MOUTONG

KARTIKA (2020) PENGARUH KEGIATAN GERAK DAN LAGU TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK DI KELOMPOK B TK ANUNTALOKO DESA JONO KALORA KECAMATAN PARIGI BARAT KABUPATEN PARIGI MOUTONG. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Masalah Pokok dalam Penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak sesuai harapan. Upaya mengatasui masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan mengetahui pengaruh metode kegiatan gerak dan lagu terhadap kemampuan motorik kasar anak. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen Deskriptif, adapun subjek seluruh anak di Kelompok B TK Anuntaloko Desa Jono Kalora Kecamatan parigi Barat kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik presentase. Data sebelum melakukan metode kegiatan gerak dan lagu. dalam aspek Berjalan maju mundur, terdapat 2 anak (13,34%) dalam kategori BSB, ada 5 anak (33,33%) dalam kategori BSH, ada 5 anak (33,33%) dalam kategori MB, dan ada 3 anak (20%) dalam kategori BB. berdiri dengan berjinjit, terdapat 1 anak (6,67) dalam kategori BSB, ada 4 anak (26,67%) dalam kategori BSH, ada 5 anak (33,33%) dalam kategori MB, dan ada 5 anak (33,33%) dalam kategori BB. kekuatan melompat, terdapat 1 anak (6,67%) dalam kategori BSB, ada 6 anak (40%) dalam kategori BSH, ada 6 anak (40%) dalam kategori MB, dan ada 2 anak (13,33%) dalam kategori BB. Setelah menggunakan metode kegiatan gerak dan lagu, kecepatan berjalan maju mundur, terdapat 5 anak (33,33%) dalam kategori BSB, ada 6 anak (40%) dalam kategori BSH, ada 4 anak (26,67%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB, kecepatan berjalan maju mundur, terdapat 4 anak (26,67%) dalam kategori BSB, ada 5 anak (33,33%) dalam kategori BSH, ada 6 anak (40%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB, kekuatan melompat, terdapat 6 anak (40%) dalam kategori BSB, ada 6 anak (40%) dalam kategori BSH, ada 3 anak (20%) dalam kategori MB, dan tidak terdapat anak dalam kategori BB. t hitung bernilai negatif yaitu sebesar -9.134. t hitung bernilai negatif ini di sebabkan karena nilai rata-rata hasil belajar sebelum perlakuan lebih rendah dari pada rata-rata hasil belajar sesudah perlakuan. akan tetapi nilai t hitung negatif dapat bermakna positif. sehingga nilai t hitung menjadi 9.134. selanjutnya adalah tahap mencari t tabel dan nilai t tabel yang di temukan pada distribusi nilai t tabel statistik yaitu 1.76131. Dengan demikian, karena nilai t hitung 9.134 > t tabel 1.76131 maka sebagaimana dasar pengambilan keputusan di atas dapat di simpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Metode kegiatan gerak dan lagu, perkembangan motorik kasar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3714

Actions (login required)

View Item View Item