CROSS-SECTIONAL KONSEPSI SISWA DAN MAHASISWA TENTANG GERHANA DAN FASE-FASE BULAN

YULYANA DARMINI (2020) CROSS-SECTIONAL KONSEPSI SISWA DAN MAHASISWA TENTANG GERHANA DAN FASE-FASE BULAN. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan konsepsi siswa SMP, SMA dan Mahasiswa tentang gerhana dan fase-fase bulan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa SMP, 24 siswa SMA dan 38 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mendeksripsikan konsepsi sebanyak 10 nomor. Pada tingkatan pertama siswa diharapkan memilih pilihan yang tepat benar atau salah atau memilh option yang ada. Pada tingkatan kedua siswa diminta untuk memberikan alasan atau penalaran mereka pada jawaban yang dipilihnya. Presentasi jawaban dan alasan yang dikemukakan siswa dan mahasiswa dianalisis serta mewawancarai 9 responden berdasarkan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi pada responden dan konsepsi tidak bergantung pada tingkat pendidikan yang dibuktikan dengan perolehan skor siswa SMP yang lebih tinggi dibandingkan siswa SMA dan mahasiswa. Hasil yang diperoleh ialah responden siswa SMA dan mahasiswa beranggapan waktu yang dibutuhkan bulan berotasi tidak sama dengan waktu yang dibutuhkan bulan berevolusi. Responden tidak dapat menjelaskan dengan baik posisi dan fase bulan yang terjadi. Responden juga memiliki konsepsi yang lebih baik pada soalsoal tentang gerhana dibandingkan dengan soal untuk fase bulan serta tingkat pendidikan responden tidak mempengaruhi responden memiliki konsepsi yang lebih tinggi. Kata Kunci: Cross-Sectional, konsepsi, gerhana dan fase-fase bulan.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Natural Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Natural Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Natural Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Natural Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 02 Mar 2020 07:03
Last Modified: 02 Mar 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item