KONTRIBUSI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN TOLITOLI

HADIS (2020) KONTRIBUSI MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) TERHADAP PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MATA PELAJARAN SEJARAH PADA SMA NEGERI DI KABUPATEN TOLITOLI. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) berkontribusi terhadap peningkatan Profesionalisme Guru Mata Pelajaran Sejarah pada SMA Negeri di Kabupaten Tolitoli. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah Ketua MGMP dan semua guru sejarah pada SMA Negeri yang tersebar dibeberapa kecamatan di Kabuaten Tolitoli. Subyek ini berjumlah 12 (dua belas) informan dari 9 (Sembilan) SMA Negeri yang ada di Kabupaten Tolitoli. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari ketua MGMP dan guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri Kabupaten Tolitoli yang dipilih oleh peneliti untuk mendapatkan data yang ada relevansinya dengan permasalahan penelitian. Data sekunder yaitu data yang diperoleh berupa dokumen yang dipublikasikan. Berupa laporan-laporan atau arsip-arsip yang berkaitan dengan data kegiatan MGMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru sejarah dapat ditingkatkan melalui MGMP. Pengembangan kompetensi pedagogik antara lain program penyusunan naskah soal, analisis kurikulum dan pengembangan silabus. Pengembang kompetensi profesional antara lain pelatihan/ workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK), program pendalaman materi mata pelajaran sejarah. pengembangan kompetensi kepribadian guru harus bisa menjadi teladan yang baik bagi orang-orang di sekitar kita. Kompetensi sosial menjalin hubungan yang harmonis itu penting karena di sekolah/lembaga dimana terdapat stratifikasi sosial maka kita harus saling menghormati dan menghargai, saling memahami. Dalam pemecahan persoalan keseharian mengenai tugas guru mengajar dan penyiapan bahan ajar apa yang harus dibuat dan diberikan pada peserta didik. MGMP menjadi sarana yang dapat memerankan fungsinya secara efektif, mempunyai program kerja yang di buat oleh pengurus secara signifikan dan sesuai dengan kebutuhan guru. MGMP sejarah berkontribusi terhadap Peningkatan kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian guru mata Pelajaran sejarah pada SMA Negeri di Kabupaten Tolitoli Kata kunci: Kontribusi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan Profesionalisme

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of History Education
S2 - Master Theses > Master of History Education
Divisions: Postgraduate > Master of History Education
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 19 Feb 2020 07:03
Last Modified: 19 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/3844

Actions (login required)

View Item View Item