PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 5 SOJOL

HASNUNI (2020) PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL DAN INTELLECTUAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 5 SOJOL. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hasnuni. 2019. Pemanfaatan Model pembelajaran SAVI (Somatic, auditory, Visual dan Intellectual) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Di SMP Negeri 5 Sojol. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Hasdin. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Apakah model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan intellectual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sojol?. Tujuan penelitian ini yaitu : Meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMP Negeri 5 Sojol. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitan ini yaitu penelitian tindakan kelas. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan tes. Subjek penelitian kelas VII B yang berjumlah 29 orang. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tes awal daya serap klasikal sebesar 69,6?n ketuntasan belajar klasikal sebesar 51,7% tidak mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, sedangkan pelaksanaan tindakan siklus I ketuntasan belajar klasikal mencapai 72,4%. Ketercapaian pada pendekatan Somatic 100%, Auditory 87,5%, Visual 75?n Intellectual 75%. Pada pelaksanaan tindakan siklus I sudah mengalami peningkatan dan masih perlu ditingkatkan untuk mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan, dan pelaksanaan tindakan siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 82,7%. Ketercapaian pendekatan Somatic 100%, Auditory 87,5% Visual 87?n Intellectual 94,75%. Pada tindakan ini terjadi peningkatan dari tindakan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) sangat baik diterapkan dalam peningkatan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4188

Actions (login required)

View Item View Item