STUDI TENTANG MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MODEL DAMPAL SELATAN

FADLIYAH MUBAKKIRAH (2020) STUDI TENTANG MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 MODEL DAMPAL SELATAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fadliyah Mubakkirah, (2019). Studi Tentang Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan, Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Charles Kapile. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1.) bagaimana motivasi belajar siswa, 2.) faktor motivasi belajar siswa dan 3.) upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah, mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Model Dampal Selatan, Jalan Raja Alam, Kecamatan Dampal selatan Kabupaten Toli-toli dengan guru sejarah 1 orang, dan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah cukup baik dalam proses pembelajaran sejarah , hal tersebut dilihat dari lembar observasi siswa dan beberapa siswa yang telah di wawancarai dalam penelitian. Sedangkan faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran sejarah yaitu : 1) Faktor Internal dan 2.) External. Proses pembelajaran siswa dapat memahami materi pelajaran yang diajarkan oleh guru, hal ini disebabkan oleh upaya yang telah dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberikan hadiah kepada siswa yang berprestasi, memberikan pujian kepada siswa, memberikan kompetisi yang menarik, memberikan nilai. Memberikan hukuman. Kata Kunci: Motivasi, Belajar, dan Pelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > History Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4210

Actions (login required)

View Item View Item