Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Di Kelompok B TK Satu Atap SD Inpres Sipayo Kabupaten Parigi Moutong

KIRAATUL MARIYAH (2019) Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf Di Kelompok B TK Satu Atap SD Inpres Sipayo Kabupaten Parigi Moutong. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal huruf belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui media kartu huruf. Rancangan penelitian mengikuti model alur Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan secara siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Setting dan subjeknya anak kelompok B TK Satu Atap SD Inpres Sipayo Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 18 anak, terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, pemberian tugas dan dokumentasi, data dianalisa dengan teknik persentase. Data pra tindakan menyebutkan huruf secara acak terdapat 1 anak (5,56%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak (11,11%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 2 anak (11,11%) kategori Mulai Berkembang (MB) dan 13 anak (72,22%) kategori Belum Berkembang (BB). Menebalkan huruf terdapat 2 anak (11,11%) kategori BSB, 2 anak (11,11%) kategori BSH, 2 anak (11,11%) kategori MB dan 12 anak (66,67%) kategori BB. Menyebutkan kosakata binatang terdapat 2 anak (11,11%) kategori BSB, 2 anak (11,11%) kategori BSH, 3 anak (16,67%) kategori MB dan 11 anak (61,11%) kategori BB. Setelah dilakukan tindakan menggunakan media kartu huruf, maka terdapat peningkatan kemampuan anak menyebutkan huruf dari siklus I ke siklus II. Menyebutkan huruf secara acak kategori BSB, BSH dan MB dari 44,44% meningkat menjadi 88,89%. Menebalkan huruf kategori BSB, BSH dan MB dari 44,45% meningkat menjadi 88,89%. Menyebutkan kosakata binatang kategori BSB, BSH dan MB dari 50% meningkat menjadi 88,89%. Secara umum rata-rata peningkatan yaitu 42,59% kategori BSB, BSH dan MB, namun masih ada 2 anak atau 11,11% kategori BB. Disimpulkan bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan anak menyebutkan huruf di kelompok B TK Satu Atap SD Inpres Sipayo Kabupaten Parigi Moutong.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 26 Jun 2019 07:03
Last Modified: 26 Jun 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/44

Actions (login required)

View Item View Item