Pedagogical Coontent Knowledge Calon Guru Program Studi Pendidikan Fisika

SISRIAWAN LAPASERE (2020) Pedagogical Coontent Knowledge Calon Guru Program Studi Pendidikan Fisika. Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sisriawan Lapasere, 2019. Pedagogical Content Knowledge Calon Guru Program Studi Pendidikan Fisika. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sains, Pasca Sarjana Universitas Tadulako. Ketua Tim Marungkil Pasaribu, Anggota Tim Pembimbing Muslimin Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pedagogical knowledge, content knowledge dan pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru fisika di Universitas Tadulako. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, semua data dikumpulkan berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan sehingga menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 6 orang mahasiswa yang memprogram mata kuliah microteaching. Data diperoleh melalui tes pedagogical knowledge, content knowledge, angket pengamatan saat mahasiswa calon guru fisika tampil microteaching dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kemampuan pedagogical knowledge mahasiswa calon guru fisika sebesar 52% (kategori sedang), rata-rata kemampuan content knowledge mahasiswa calon guru fisika 51% (kategori sedang) dan ratarata kemampuan pedagogical content knowledge mahasiswa calon guru fisika sebesar 60% (kategori sedang). Selain itu, hubungan antara pedagogical knowledge, content knowledge dan pedagogical content knowledge yaitu “Jika kemampuan pedagogical knowledge, content knowledge tinggi maka kemampuan pedagogical content knowledge tinggi, begitupun sebaliknya. Tetapi, jika kemampuan pedagogical knowledge tinggi, kemampuan content knowledge sedang maka kemampuan pedagogical content knowledge tinggi dan jika kemampuan pedagogical knowledge sedang, kemampuan content knowledge tinggi maka kemampuan pedagogical content knowledge sedang. Kemampuan pedagogical knowledge lebih dominan dibandingkan dengan kemampuan content knowledge dalam meningkatkan kemampuan pedagogical content knowledge. Kata Kunci: Pedagogical Knowledge, Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Education in Natural Science
S2 - Master Theses > Master of Education in Natural Science
Divisions: Postgraduate > Master of Education in Natural Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Education in Natural Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4449

Actions (login required)

View Item View Item