ANALISIS KONSTRUKSI HUBUNGAN HUKUM PENGEMUDI OJEK ONLINE DENGAN GRAB INDONESIA (Study Kasus Penyelenggaraan Angkutan Ojek Online Di Kota Palu)

SUWARDIYONO, (2019) ANALISIS KONSTRUKSI HUBUNGAN HUKUM PENGEMUDI OJEK ONLINE DENGAN GRAB INDONESIA (Study Kasus Penyelenggaraan Angkutan Ojek Online Di Kota Palu). Master Thesis thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suwardiyono, No. Stb.: 102 17 001, Judul Tesis Analisis Konstruksi Hubungan Hukum Pengemudi Ojek Online dengan Grab Indonesia (Studi Kasus Penyelenggaraan Angkutan Ojek Online di Kota Palu) dibawah bimbingan Syamsudin Baco dan Ahmad Aswar Rowa. Kehadiran aplikasi transportasi online di Kota Palu menimbulkan masalah dalam aspek hukumnya, meskipun demikian, masyakat menyambut sebagai alternatif transportasi umum yang lebih cepat, murah dan nyaman. Penelitian ini menjelaskan bagaimana kontruksi hubungan hukum dan distribusi pertanggungjawaban hukum antara Grab Indonesia dengan pengemudi ojol ? Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan undang-undang (statute approach) dan pendekatan konseptual (conseptual approach) serta menggunakan teknik analisis interpretasi dan konstruksi hukum, dimana peraturan perundang-undangan yang lingkupnya terlalu umum dan luas dipersempit untuk dapat diterapkan pada peristiwa hukum khusus. Hasil penelitian menunjukan bahwa konstruksi hubungan hukum antara Grab Indonesia / STI dengan pengemudi ojol merupakan hubungan hukum keagenan dan perjanjian tersebut memiliki causa yang tidak halal karena bertentangan dengan UU LLAJ dengan mempergunakan sepeda motor sebagai angkutan penumpang berbayar, maka konsekwensinya adalah perjanjian tersebut batal demi hukum, sehingga terhadap sengketa hukum akibat resiko yang terjadi dalam hubungan hukum para pihak yang terjadi kelalainnya tidak dapat menggunakan perjanjian sebagai alas hukumnya dalam mengajukan tuntutan wan prestasi, melainkan perbuatan melawan hukum. Kata kunci: pengemudi ojol, hukum kontrak, perjanjian pengangkutan

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Subjects: University Structure > Postgraduate > Master of Legal Science
S2 - Master Theses > Master of Legal Science
Divisions: Postgraduate > Master of Legal Science
Tadulako Subject Areas > S2 - Master Theses > Master of Legal Science
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:03
Last Modified: 15 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item