Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Berbasis Media Permainan Kartu Aksi Bintang Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X IIS 2 SMA N Egeri 4 Palu

LINDA NIRWANA (2020) Efektivitas Pelatihan Keterampilan Sosial Berbasis Media Permainan Kartu Aksi Bintang Dalam Mengembangkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X IIS 2 SMA N Egeri 4 Palu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pemberian pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang efektif dalam mengembangkan perilaku asertif siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 4 palu. tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan efektifitas pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang dalam mengembangkan perilaku asertif siswa. subjek dalam peneletian ini berjumlah 20 siswa. instrumen utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket perilaku asertif siswa. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskrtiptif dan inferensial. hasil analisis deskriptif menunjukkan sebelum mengikuti pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang terdapat 0% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat tinggi, 50% yang memiliki perilaku asertuif tinggi, 45% siswa yang memiliki perilaku asertif rendah, dan 5% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat rendah, sesudah mengikuti pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang terdapat 10% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat tinggi, 75% yang memiliki perilaku asertuif tinggi, 15% siswa yang memiliki perilaku asertif rendah, dan 0% siswa yang memiliki perilaku asertif sangat rendah. hasil analilis inferensial menunjukkan bahwa pelatihan keterampilan sosial berbasis media pemainan kartu aksi bintang efektif dalam mengembangkan perilaku asertif siswa. kata kunci : keterampilan sosial, perilaku asertif, media permainan

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Guidance and Counseling
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4551

Actions (login required)

View Item View Item