IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 5 PALU

MUTMAINNAH, (2020) IMPLEMENTASI INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 5 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tentang mendesain soal untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa sampai saat ini belum banyak dilakukan, padahal permasalahan seperti ini tidak kalah pentingnya dengan pendidikan lainya. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan kelayakan instrumen tes dalam mengukur kemampuan konseptual siswa di SMAN 5 PALU. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan memberikan tes pengetahuan kepada siswa. Penelitian ini diawali dengan mendesain soal, dilanjutkan dengan validasi, serta direvisi selanjutnya diujikan ke siswa dan di analisis menggunakan aplikasi ANATES. Jumlah sampel yang digunakan 38 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu untuk kelas X diambil 17 siswa dan kelas XI diambil 21 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk kelas X 20 butir soal dan kelas XI 15 butir soal. Hasil penelitian yang diperoleh tentang analisis kualitas soal yaitu untuk indeks validitas soal kelas X untuk soal pilihan ganda, soal yang memiliki indeks validitas tinggi yaitu 7 butir soal, dan soal essay 2 butir soal, untuk kelas XI berjumlah 2 butir soal dan essay semuanya valid. Nilai reliabilitas untuk kelas X soal pilihan ganda 0,46 dan essay 0,66, dan untuk kelas XI pada pilihan ganda 0,40 dan essay 0,68. Nilai indeks daya beda pilihan ganda yang masuk kategori diterima untuk kelas X yaitu 16 butir soal, kelas XI berjumlah 10 butir soal sedangkan nilai essay untuk kelas X untuk soal nomor 1 masuk kategori sedang untuk butir soal nomor 2 masuk kategori baik dan untuk kelas XI diproleh nomor 1 termasuk kategori soal yang memiliki indeks daya beda sedang dan butir soal nomor 2 termasuk soal yang kurang baik. Nilai tingkat kesukaran yang masuk kategori sedang untuk kelas X berjumlah 6 butir soal, Kelas XI yaitu 3 butir soal dan soal essay untuk kelas X masuk kategori sedang, sedangkan kelas XI masuk kategori mudah dan sangat mudah. Dari kemampuan siswa berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi kelas X yaitu 59,42 dengan nilai standar deviasi 21,98. Kelas XI dengan nilai rata-rata 78,24 dengan standar deviasi 7,37. Dapat ditarik kesimpulan bahwa soal yang didesain layak digunakan untuk mengukur pengetahuan konseptual siswa. Kata kunci : Desain soal, pengetahuan konseptual, Implementasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 13 Feb 2020 07:03
Last Modified: 13 Feb 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item