ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN PADA KORIDOR JALAN YOS SUDARSO - JALAN RE. MARTADINATA PALU

ASHAR, (2020) ANALISIS KECEPATAN KENDARAAN PADA KORIDOR JALAN YOS SUDARSO - JALAN RE. MARTADINATA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecepatan merupakan laju pergerakan yang ditandai dengan besaran yang menunjukkan jarak yang di tempuh kendaraan dibagi dengan waktu tempuh. Kecepatan merupakan salah satu dari tiga komponen utama dari arus lalu lintas yang meliputi kepadatan dan volume. Kecepatan merupakan indikator kinerja lalu lintas, selain indikator hambatan. Kecepatan dan hambatan perlu di analisis untuk mengetahui kinerja dan permasalahan lalu lintas. Kecepatan merupakan parameter yang penting khusus dalam design jalan dan sebagai informasi mengenai kondisi perjalanan, tingkat pelayanan dan kualitas arus lalu lintas. Data kecepatan kendaraan yang diamati adalah data kecepatan kendaraan pada koridor jalan Yos Sudarso – jalan RE. Martadinata Palu. Data volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan diperoleh dengan cara survey langsung dilapangan dengan menggunakan stopwatch yang terdiri dari tiga pos di lokasi penelitian dengan interval waktu pengamatan 15 menit, dan selanjutnya data tersebut dianalisis untuk mencari nilai rata-rata Spot Speed,Time Mean Speed (TMS), Space Mean Speed (SMS) dan Journey Speed untuk mengetahui perbandingan kecepatan dengan PP. No 34 Tahun 2006 tentang Jalan. Hasil analisis data spot speed didapatkan nilai kecepatan rata-rata kendaraan untuk hari kerja arah 1yaitu MC = 46,0 km/jam, LV = 38,6 km/jam, HV = 33,9 km/jam dan untuk arah 2 yaitu MC = 45,0 km/jam, LV = 39,5 km/jam, HV = 35,0 km/jam. Pada hari libur kerja didapatkankan nilai untuk arah 1 yaitu MC = 42,8 km/jam, LV = 39,5 km/jam, HV = 34,3 km/jam dan untuk arah 2 yaitu MC = 43,1 km/jam, LV = 38,2 km/jam, HV = 33,8 km/jam. Pada analisis data Journey Speed didapat nilai kecepatan rata-rata kendaraan pada hari kerja yaitu 25,1 km/jam dan pada hari libur kerja yaitu 27,5 km/jam. Dari hasil analisis data Spot Speed pada hari kerja didapatkan nilai rata-rata Time Mean Speed (TMS) arah 1 = 42,0 km/jam, arah 2 = 41,8 km/jam dan Space Mean Speed (SMS) arah 1 = 39,5 km/jam, arah 2 = 39,7 km/jam. Untuk hari libur kerja didapatkan nilai rata-rata Time Mean Speed (TMS) arah 1 = 38,4 km/jam, arah 2 = 39,4 km/jam dan Space Mean Speed (SMS) arah 1 = 39,0 km/jam, arah 2 = 38,4 km/jam. Sedangkan pada PP. No 34 Tahun 2006 disebutkan bahwa kecepatan rencana pada jalan arteri primer adalah 60 km/jam. Kata Kunci : Spot Speed, Time Mean Speed, Space Mean Speed, Journey Speed

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Civil Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:03
Last Modified: 20 Jul 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4862

Actions (login required)

View Item View Item