“MANAJEMEN PENGENDALIAN PENGGUNAAN MATERIAL PADA PEKERJAAN PRESERVASI JALAN BATUI – TOILI- RATA - BATURUBE”

NURHAYATI SARINUSA, (2020) “MANAJEMEN PENGENDALIAN PENGGUNAAN MATERIAL PADA PEKERJAAN PRESERVASI JALAN BATUI – TOILI- RATA - BATURUBE”. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Proyek Preservasi Jalan Batui – Toili- Rata – Baturube merupakan kegiatan penanganan jalan, berupa pencegahan, perawatan, dan perbaikan yang diperlukan untuk mempertahankan kondisi jalan agar tetap berfungsi secara optimal melayani lalu lintas sehingga umur rencana yang ditetapkan dapat tercapai proyek. Dimana proyek ini berskala besar dan tentunya membutuhkan material yang sangat banyak serta diperlukannya perencanaan dan pengendalian material yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengendalian material serta menentukan metode pengendalian persediaan material yang terdiri dari metode economic order quantity (EOQ) dan metode lot for lot (L4L) yang memberikan biaya total persediaan ekonomis. Penelitian ini berlokasi di kabupaten banggai dan kabupaten morowali utara. Metode yang digunakan dalam penyusunan Tugas Akhir ini adalah metode dokumentasi dan metode Material Requirement Planning (MRP) terdiri atas metode Lot For Lot (L4L) dan metode Economic Ordering Quantity (EOQ). Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa dalam perencanaan pengadaan material pada proyek preservasi jalan batui-toili-rata-baturube dimulai dari perencanaan kebutuhan material, dilanjutkan dengan pemelihan material dan pemilihan pemasok material. Setelah itu dilakukan pemesanan dan pembelian material. Kemudian penerimaan material dan penyimpanan material. Dan proses akhirnya yaitu pengeluaran material ke site konstruksi. Dari hasil analisa data diketahui, metode pengendalian persediaan teoritis yang memberikan biaya total persediaan paling ekonomis untuk semua material permodelan adalah gabungan dari metode economic order quantity (EOQ) dan metode lot for lot (L4L) yaitu sebesar Rp. 4.588.754.307. Metode ini lebih ekonomis dibandingkan dengan biaya total persediaan berdasarkan perencanaan proyek yaitu sebesar Rp. 4.839.286.662. Kata Kunci: MRP, Perencanaan dan pengendalian,Persediaan Material.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Engineering > Civil Engineering
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Civil Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Civil Engineering
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Engineering > Civil Engineering
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:03
Last Modified: 20 Jul 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/4969

Actions (login required)

View Item View Item