PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 PALU

WAHYUNINGSIH A JAFAR (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 2 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wahyuningsih A. Jafar. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako Pembimbing (I) Anggrain (II) Mustamin Idris. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tentang penerapan model Problem Based Learnng (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel. Jenis penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model PBL yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan mengikuti langkah-langkah, yaitu (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membantu penyelidikan individual maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Dari hasil analisis tes akhir tindakan siklus I dan siklus II yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X MIA 1 yang berjumlah 33 siswa menunjukkan bahwa pada siklus I presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu sebesar 58,62?n meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi guru pada siklus I berkategori baik, dan hasil observasi siswa berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II Hasil Observasi guru berkategori sangat baik, dan hasil observasi siswa berkategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada aktivitas guru dan siswa dari siklus I ke siklus II yang telah berhasil mencapai kategori yang diharapkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi soal cerita sistem persamaan linear tiga variabel di kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Palu. Kata kunci : Model Problem Based Learning (PBL); hasil belajar; sistem persamaan linear tiga variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:03
Last Modified: 20 Jul 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item