PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAMMIYAH PANCASILA LABUAN LELEA KECAMATAN LABUAN

ZAHRAH (2020) PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 TK ISLAMMIYAH PANCASILA LABUAN LELEA KECAMATAN LABUAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zahrah (2019), Pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Di Kelompok B2 TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea Kecamatan Labuan .skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (1) Hj. Shofiyanti Nur Zuama, (2) Haerul Annuar. Masalah dalam penelitian yaitu kemampuan motorik halus anak yang belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar bebas terhadap kemampuan motorik halus anak. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenisnya deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 15 anak di Kelompok B2 TK Islammiyah Pancasila Labuan Lelea Kecamatan Labuan. Teknik pengumpulan data yaitu dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi memperoleh rata-rata pada aspek kecepatan dalam mewarnai gambar, terdapat 1 anak (6,66%) dalam ketegori (BSB), 3 anak (20%) dalam kategori (BSH), 5 anak (33,33%) dalam ketegori (MB) dan 6 anak (40%) dalam kategori (BB). Aspek kelenturan jari-jemari, terdapat 1 anak (6,66%) dalam kategori (BSB), 3 anak (20%) dalam kategori (BSH), 3 anak (20%) dalam kategori (MB) dan 8 anak (53,33%) dalam kategori (BB). Aspek koordinasi mata dan tangan, terdapat 1 anak (6,66%) dalam kategori (BSB), 3 anak (20%) dalam kategori (BSH), 2 anak (13,33%) dalam kategori (MB) dan 9 anak (60%) dalam kategori (BB). Pada minggu kedua rekapitulasinya di peroleh rata-rata pada aspek kecepatan dalam mewarnai gambar, terdapat 3 anak (20%) dalam kategori (BSB), 7 anak (46,66%) dalam kategori (BSH), 4 anak (26,66%) dalam kategori (MB) dan 1 anak (6,66%) dalam kategori (BB). Aspek kelenturan jari-jemari, terdapat 2 anak (13,,33%) dalam kategori (BSB), 8 anak (53,33%) dalam kategori (BSH), 4 anak (26,66%) dalam kategori (MB) dan 1 anak (6,66%) dalam kategori (BB). Aspek koordinasi mata dan tangan, terdapat 4 anak (26,66%) dalam kategori (BSB), 5 anak (33,33%) dalam kategori (BSH), 4 anak (26,66%) dalam kategori (MB) dan 2 anak (13,33%) dalam kategori (BB). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan menggambar bebas terhadap kemampuan motorik halus anak. Kata kunci: Kegiatan Menggambar Bebas, Kemampuan Motorik Halus Anak

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:03
Last Modified: 20 Jul 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/5142

Actions (login required)

View Item View Item