PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA

Lismawati, (2019) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFE TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI SMP NEGERI 1 SOJOL UTARA. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lismawati, 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi SMP Negeri 1 Sojol Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Palu. Pembimbing: Lilies Tangge. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA-Biologi. Jenis rancangan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Designe). Menggunakan rancangan Prates-Pascates yang tidak Ekuivalen (The Non Equivalen, Pretest-Postest Design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sojol Utara Tahun Pembelajaran 2018-2019 yang berjumlah 81 siswa yang terdiri dari tiga kelas (A,B dan C). Penentuan Sampel dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Terpilih kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 siswa dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa. Untuk mendapatkan data, digunakan teknik observasi, dan pemberian soal tes berupa soal pre-test dan post-test masing-masing berjumlah 10 butir soal, Analisis data menggunakan Uji Independent Samples Test dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan uji independent samples test angka singnifikan yang di peroleh adalah P=0,03(p>0,05). Jadi dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe group investigation berpengaruh sangat singnifikan terhadap hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sojol Utara. Hasil uji normalitas sebaran data bahwa didapatkan hasil signifikan kelompok eksperimen sig. 0,200>0,05 dan kelompok kontrol sig 0,101>0,05 dengan demikian semua sebaran data berdistribusi normal. Dengan demikian disarankan kepada guru SMP Negeri 1 sojol utara, terutama kepada guru mata Pelajaran IPA-biologi dapat menerapkan Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terutama pada materi sistem ekskresi karena terbukti berpengaruh terhadap peningka tan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model pembelajaran tipe group investigation (GI), hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:03
Last Modified: 25 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item