STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN INPRES 3 TONDO

Danti Anggraeni (2019) STRATEGI INQUIRING MINDS WANT TO KNOW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN INPRES 3 TONDO. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Danti angraeni, 2019 Skripsi, Strategi Inquiring Minds Want To Know Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Inpres 3 Tondo. Skirpsi,Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas Tadulako. Pembimbing Rizal. Permasalahan yang menjadi latar belakang dari penelitian ini penyampaian berbagai konsep materi tanpa di tunjang dengan penggunaan Strategi Pembelajaran.Hal ini berdampak terhadap rata-rata hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah pada mata pelajaran IPS, melalui penelitian ini peneliti mengkaji bahwa Strategi Inquiring Minds Want To Know ini tepat di gunakan dalam pembelajaran IPS sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS melalui penggunaan strategi Inquiring Minds Want To Know di kelas V SDN Inpres 3 Tondo . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 fase yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Inpres 3 Tondo dengan jumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Sumber data yaitu tes awal dan tes akhir tindakan pembelajaran, yang mencakup observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil tindakan siklus I di peroleh ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67?ngan nilai rata-rata 69,83% hasil tindakan siklus II di peroleh ketuntasan belajar klasikal 95,83?ngan nilai rata-rata 85%. Hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh presentase sebesar 84,09?n meningkat pada siklus II dengan presentase yang di peroleh sebesar 93,18%, hasil observasi aktivitas siswa siklus I di peroleh presentase sebesar 66,67?n pada siklus II meningkat dengan presentase 80,56%. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penggunaan Strategi Inquiring Minds Want To Know dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Inpres 3 Tondo Kata Kunci : Strategi Inquiring Minds Want To Know

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:03
Last Modified: 25 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/517

Actions (login required)

View Item View Item