Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatan Ketrampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas III B Sd Inpres Bumi Sagu

MELANI VERANINGSIH LADJAMBA (2020) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatan Ketrampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas III B Sd Inpres Bumi Sagu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melani Veraningsi Ladjamba(2020). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatan Ketrampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas III B Sd Inpres Bumi Sagu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah kurangnya keberanian siswa dalam hal berbicara. Kepasifan siswa juga terjadi dalam kegiatan diskusi kelompok. Pada kegiatan diskusi hanya beberapa siswa yang menyampaikan pendapat untuk menyelesaikan lembar kerja siswa yang diberikan oleh guru mengungkapkan pendapat, ide dalam diskusi kelompok masih sangat kurang. Upaya untuk mengatasi kendala yang terjadi, peneliti memilih solusi untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Indonesia di kelas III B SD Inpres Bumi Sagu yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa belajar melalui penerapan model Think Pair Share dengan media pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara karena model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengingat suatu informasi dan seorang siswa juga dapat belajar dari siswa lain serta saling menyampaikan idenya untuk didiskusikan sebelum disampaikan di depan kelas. Hal ini dapat dilihat dalam peningkatan ketrampilan berbicara siswa mengalami perkembangan dari siklus I, dari 25 orang siswa dengan nilai rata-rata daya serap klasikal 62,8% serta ketuntasan klasikal 56%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dari 25 orang siswa nilai rata-rata daya serap klasikal 72,6% serta ketuntasan belajar klasikal 80% Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II berhasil telah memenuhi indikator keberhasilan yang ditetaapkan dengan daya serap klasikal 70?n ketuntasan belajaar kalsikal 80%. Berdasarkan data-data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share dengan menggunakan media pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan berbicara siswa di kelas III B SD Inpres Bumi Sagu. Kata kunci : Model Think Pair Share, media pembelajaran Keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:03
Last Modified: 20 Jul 2020 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/5373

Actions (login required)

View Item View Item