PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF DI KELOMPOK B PAUD TERPADU SULAWESI PERMATA BANGSA PALU

SITI SUNDARIYAH (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI BERMAIN KONSTRUKTIF DI KELOMPOK B PAUD TERPADU SULAWESI PERMATA BANGSA PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Siti Sundariyah (2019) Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal Bentuk Geometri Melalui Bermain Konstruktif di Kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Andi Agusniatih, (II) Fitriana. Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu kemampuan anak mengenal bentuk geometri belum berkembang sesuai harapan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk geometri melalui bermain konstruktif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu yang berjumlah 16 anak terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart, dilaksanakan secara bersiklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisa secara persentase dan deskripsi.Data pra tindakan kemampuan anak menyebutkan nama bentuk geometri terdapat 1 anak (6,25%) kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 2 anak (12,5%) kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 4 anak (25%) kategori Mulai Berkembang (MB) dan 9 anak (56,25%) kategori Belum Berkembang (BB). Kemampuan mengelompokkan benda sesuai bentuk geometri terdapat 1 anak (6,25%) kategori BSB, 2 anak (12,50%) BSH 3 anak (18,75%) kategori MB dan 10 anak (62,50%) kategori BB. Kemampuan anak membuat konstruksi sederhana dari bentuk geometri tidak ada anak (0%) kategori BSB, 1 anak (6,25%) kategori BSH, 5 anak (31,25%) kategori MB dan 10 anak (62,50%) kategori BB. Setelah melakukan tindakan terbukti adanya peningkatan kemampuan anak mengenal bentuk geometri dari siklus I ke siklus II. Aspek kemampuan menyebutkan nama bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 93,75% meningkat menjadi 100%, Kemampuan mengelompokkan benda sesuai bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 75% meningkat menjadi 100%. Kemampuan anak membuat konstruksi sederhana dari bentuk geometri kategori BSB, BSH, MB dari 68,75% meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa melalui bermain konstruktif dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal bentuk geometri di kelompok B PAUD Terpadu Sulawesi Permata Bangsa Tondo Palu..

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Early Childhood Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:03
Last Modified: 25 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item View Item