Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran PKN SD Negeri 2 Tatura

Muhammad Liga Santoso (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran PKN SD Negeri 2 Tatura. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muhammad Liga Santoso, (2019) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT pada Mata Pelajaran PKN SD Negeri 2 Tatura. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing (I) Arif Firmansyah, (II) Rizal. Masalah dalam penelitihan ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada mata pelajaran pkn SDN 2 Tatura. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Tatura dengan jumlah siswa 33 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes hasil tindakan. Hasil observasi pelaksanaan tindakan guru siklus I diperoleh 85,71% (baik). Pada Hasil siklus II terjadi peningkatan sebesar 7,14?ngan hasil yang diperoleh 92,85% (baik). Sedangkan Hasil yang didapatkan pada siklus I yaitu 80.35% (baik). informasi bahwa aspek mempresentasikan hasil kerja kelompoknya masih cukup baik dan membuat kesimpulan juga masih cukup baik dikarenakan siswa belum berani berbicara. Hasil siklus II terjadi peningkatan sebesar 10,72?ngan hasil yang diperoleh yaitu 91,07%. Sedangkan hasil yang diperoleh berdasarkan tes hasil tindakan penelitian pada siklus I dicapai sebesar 50% (cukup) persentase KBK tidak mencapai persentase kriteria ketuntasan maksimal yaitu 70% maka penelitian pada siklus I dapat dikatakan belum berhasil. Sedangkan pada siklus II dikatakan berhasil karena persentase KBK mencapai 83.33% (baik). Berdasarkan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I dan siklus II, maka telah terjadi peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Mata Pelajaran PKn SD Negeri 2 Tatura. Kata-kata kunci: Hasil Belajar Siswa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:03
Last Modified: 25 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item