INVENTARISASI TANAMAN OBAT SUKU KAILI ETNIK PU’U DI KELURAHAN BONEOGE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Nurfidya, (2019) INVENTARISASI TANAMAN OBAT SUKU KAILI ETNIK PU’U DI KELURAHAN BONEOGE KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurfidya, 2019. Inventarisasi Tanaman Obat Suku Kaili Etnik Pu’u di Kelurahan Boneoge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala serta Pemanfaatannya sebagai Media Pembelajaran. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: (I) Abd. Hakim Laenggeng, (II) Gamar Binti Non Shamdes. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis, bagian tanaman, manfaat dan cara pengolahan tanaman yang digunakan sebagai obat oleh masyarakat Suku Kaili Etnik Pu’u di Kelurahan Boneoge. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan metode snowball sampling. Analisis pemanfaatan tanaman sebagai obat dilakukan dengan wawancara terbuka dengan sando dan masyarakat di sekitar lokasi penelitian. Hasil penelitian diperoleh sebanyak 35 jenis tanaman dari 29 familia yang berkhasiat obat dan dipercaya oleh masyarakat berpotensi menyembuhkan penyakit. Tumbuhan yang paling banyak digunakan berasal dari familia Euphorbiaceae dan Zingiberaceae, masingmasing terdiri dari 3 spesies yaitu Jatropha curcas L., Manihot esculenta Crantz., Euphorbia tirucali L., Curcuma longa L., Zingiber officinale Roscoe. dan Alpinia galanga (L.) Willd. Bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bahan obat yaitu daun, batang, akar, buah, umbi, rimpang dan getah. Jenis-jenis tanaman obat tersebut dimanfaatkan berbagai pengobatan antara lain: obat cacar air, panu, malaria, asam urat, batuk, sakit gigi, bisul, maag, luka bakar, sariawan, campak, demam berdarah dan lain sebagainya. Cara pengolahan setiap bagian tanaman obat tersebut juga berbeda-beda yaitu ada yang ditumbuk, direbus, dilumatkan, diremukkan, dikeruk, diparut, ditempelkan, diteteskan dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini dimanfaatkan sebagai media pembelajran berupa buku saku dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 84,09% (sangat layak). Kata Kunci: Inventarisasi, Tanaman Obat dan Media Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:03
Last Modified: 26 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item