KANDUNGAN LEMAK ABON JANTUNG PISANG KEPOK (Musa Paradisiaca) DAN IKAN SIDAT (Anguilla Marmorata) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA POSTER

Djaswintari Moyombo, (2019) KANDUNGAN LEMAK ABON JANTUNG PISANG KEPOK (Musa Paradisiaca) DAN IKAN SIDAT (Anguilla Marmorata) SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI MEDIA POSTER. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Djaswintari, 2019. Kandungan Lemak Abon Campuran Jantung Pisang (Musa paradisiaca) dan Ikan Sidat (Anguilla marmorata) Serta Pemanfaatannya Sebagai Media Poster. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing ; Astija. Abon campuran jantung pisang dan ikan sidat merupakan salah satu produk makanan yang memanfaatkan bahan makanan nabati dan bahan pangan hewani sebagai bahan utama dalam pembuatan abon. Jantung pisang biasa diolah dalam bentuk abon, namun nilai gizi yang dihasilkan sangat rendah khususnya lemak. Maka perlu ditambhakan ikan sidat yang diketahui memiliki kadar lemak yang tinggi dan baik bagi tubuh sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan kadar lemak pada abon campuran jantung pisang (Musa paradisiaca) dan ikan sidat (Anguilla marmorata) serta pemanfaatannya sebagai media poster. Jenis penelitian pada penelitian ini yaitu eksperimen. Abon dianalisis kandungan lemaknya dengan menggunakan metode soxhlet pada 5 perlakuan yaitu abon komposisi 100 gram jantung pisang (P0), komposisi 75 gram jantung pisang dan 25 gram ikan sidat (P1), komposisi 50 gram jantung pisang dan 50 gram ikan sidat (P2), komposisi 25 gram jantung pisang dan 75 gram ikan sidat (P3) dan komposisi 100 gram ikan sidat (P4) dengan 3 kali pengulangan. Nilai rata-rata yang diperoleh pada abon campuran jantung pisang dan ikan sidat pada perlakuan P1 (17,57%), perlakuan P2 (23,12%) dan perlakuan P3 (26,42%). Hasil penelitian menunjukan bahwa semua perlakuan pada abon campuran jantung pisang dan ikan sidat memiliki nilai kadar lemak yang sesuai dengan Standar Industri Indonesia untuk abon yakni < 30%. Hasil penelitian dimanfaatkan sebagai media poster yang kemudian divalidasi dan diperoleh nilai kelayakan media poster yaitu 79,35%. Kata kunci: Lemak, Abon, Jantung Pisang, Ikan Sidat, Poster.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:03
Last Modified: 30 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/689

Actions (login required)

View Item View Item