Penerapan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Faktorisasi Aljabar Di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue

Suriati H. Poona (2019) Penerapan Pendekatan Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Faktorisasi Aljabar Di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suriati H. Poona, 2019. Penerapan Pendekatan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Faktorisasi Aljabar di Kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue. Skripsi, Program studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Muh. Rizal, Pembimbing (II) Muh. Abd. Hamid. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian yang mengacu pada Kemmis dan Mc. Tanggart. Subjek pada penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue, dengan jumlah siswa 20 orang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu tes, observasi, catatan lapangan dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I,ketuntasan belajar klasikal siswa mencapai 65%, sedangkan pada siklus II mencapai 90?n hasil observasi guru dan siswa pada siklus I pada kategori baik dengan persentase aktivitas guru 78,3?n aktivitas siswa 73,3% sedangkan hasil obervasi guru dan siswa pada siklus II pada kategori sangat baik dengan persentase aktivitas guru 83,3?n aktivitas siswa 81,6%. Simpulan penelitian bahwa penerapan tutor sebaya dapat meningkatan hasil belajar siswa pada materi faktorisasi aljabar di kelas VIII A SMP Negeri 3 Sindue dengan penerapan pendekatan tutor sebaya, dengan tahap-tahap yaitu: (1) persiapan; (2) pelaksanaan; dan (3) evaluasi. Kata Kunci : Pendekatan Tutor Sebaya, hasil belajar, faktorisasi aljabar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Mathematics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:03
Last Modified: 30 Jul 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/708

Actions (login required)

View Item View Item