PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 12 PALU

Sudarsi (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN PPKn UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 12 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sudarsi, No Stambuk A 32115025 “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas VII B SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendiikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Anthonius Palimbong. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa dalam proses pembelajaran PPKn di kelas VII B SMP Negeri 12 Palu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII B yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan di kelas dan akan melalui tahapan planning, action, reflection dan observatoion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi belajar pada siklus I, untuk aspek partisipasi dalam kelompok pada tindakan 1 memiliki persentase sebesar 53,25?ngan kategori baik dan tindakan 2 memiliki persentase sebesar 57,59?ngan kategori baik, persentase partisipasi bertanya pada tindakan 1 sebesar 56,51?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 57,6?ngan kategori baik, persentase partisipasi menjawab pada tindakan 1 sebesar 52,17?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 57,59?ngan kategori baik, persentase partisipasi siswa dalam membuat kesimpulan diakhir pertemuan pada tindakan 1 sebesar 53,98?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 64,11?ngan kategori baik. Pada siklus II, persentase partisiapsi belajar siswa tiap aspek mengalami peningkatan dari hasil perolehan skor siklus I, persentase partisipasi dalam kelompok pada tindakan 1 sebesar 76,07?ngan kategori sangat baik dan tindakan 2 sebesar 86,94?ngan kategori sangat baik, persentase partisipasi bertanya pada tindakan 1 sebesar 65,21?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 70?ngan kategori baik, persentase partisipasi menjawab pada tindakan 1 sebesar 69,55?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 72,81?ngan kategori baik, dan persentase partisipasi siswa dalam membuat kesimpulan diakhir pertemuan pada tindakan 1 sebesar 69,53?ngan kategori baik dan tindakan 2 sebesar 80,42?ngan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 12 Palu pada pembelajaran PPKn. Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif ; Numbered Head Together (NHT); Partisipasi Belajar ; Pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Pancasila And Civics Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 06 Aug 2019 07:03
Last Modified: 06 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item