DESAIN SOAL UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN FAKTUAL SISWA MAN 2 PALU

Riska Awalia, (2019) DESAIN SOAL UNTUK MENGUKUR PENGETAHUAN FAKTUAL SISWA MAN 2 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riska Awalia, 2019. Desain Soal Untuk Mengukur Pengetahuan Faktual Siswa MAN 2 PALU. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mohammad Jamhari. Masalah yang ditemukan yaitu, guru dalam membuat soal masih bersifat umum, dan hanya mengacu pada soal yang levelnya lebih tinggi sehingga pengetahuan faktual yang berada pada level sederhana itu sangat jarang diujikan, untuk mengukur pengetahuan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan soal yang layak untuk mengukur kemampuan siswa tentang pengetahuan faktual di MAN 2 Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan memberikan tes pengetahuan faktual kepada siswa. Penelitian ini diawali dengan mendesain soal, setelah itu soal divalidasi, selanjutnya soal direvisi kemudian diujikan ke siswa dan dianalisis menggunakan aplikasi ANATES. Jumlah sampel yang digunakan 57 siswa yang terdiri dari 3 kelas yaitu untuk Kelas X 23 siswa, kelas XI 18 siswa, dan kelas XII 16 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes yang terdiri dari 15 butir soal pilihan ganda dan 2 butir soal essay. Hasil penelitian yang diperoleh tentang analisis kualitas soal yaitu untuk indeks validitas soal pada kelas X untuk soal pilihan ganda soal yang memiliki indeks validitas tinggi yaitu 4 butir soal (27%) dan soal essay 2 butir soal (100%), untuk kelas XI pada soal pilihan ganda sebanyak 5 butir soal (33%) dan soal essay 2 butir soal (100%) memiliki indeks validitas yang tinggi dan untuk kelas XII pada soal pilihan ganda diperoleh 4 butir soal (27%) dan untuk butir soal essay memiliki indeks validitas yang tinggi hanya pada butir soal 1. Untuk indeks reliabilitas kelas X soal pilihan ganda 0,37 untuk soal essay 0,54, kelas XI untuk soal pilihan ganda 0,11 sedangkan soal essay memperoleh 0,61, kelas XII soal pilihan ganda yaitu -0,75 untuk essay kelas XII 0,19. Indeks daya beda pilihan ganda yang masuk kategori diterima kelas X yaitu 8 (53%), kelas XI yaitu 9 (60%), kelas XII yaitu 8 (53%). Nilai essay untuk kelas X dan XI masuk kategori baik dan dapat diterima sedangkan untuk kelas XII butir soal nomor 1 masuk kategori baik dan untuk butir soal nomor 2 termasuk soal yang kurang baik atau tidak layak. Nilai tingkat kesukaran yang masuk kategori sedang (layak) pilihan ganda kelas X 3 (20%), kelas XI yaitu 6 (40%), kelas XII yaitu 3 (20%) dan soal essay semua masuk kategori sedang ( layak). Untuk melihat kemampuan siswa berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi kelas X yaitu 41,95 dan standar deviasi 13,04. Kelas XI nilai rata-rata 53,89, standar deviasi 15,39 dan kelas XII nilai rata-rata 66,38 dengan nilai standar deviasi 17,35. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa soal yang didesain layak digunakan untuk mengukur pengetahuan faktual siswa hal tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai daya beda diatas 0,25 atau 25%, tingkat kesukaran 0,31-0,70, reliabilitas 0,41-0,60 dan validitas soal jika skor korelasinya di atas atau sama dengan r tabel maka tingkat kevalidtan soal tinggi. Kata kunci : Desain soal, pengetahuan faktual.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 14 Aug 2019 07:03
Last Modified: 14 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/849

Actions (login required)

View Item View Item