Using Short Strategy To Develop Reading Comprehension Of Grade Eight Students Of Smp Negeri 3 Palu PENGGUNAAN STRATEGI CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3

Dian Nur Sagita, (2019) Using Short Strategy To Develop Reading Comprehension Of Grade Eight Students Of Smp Negeri 3 Palu PENGGUNAAN STRATEGI CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRACT Dian Nur Sagita (A 121 14 162). JUDUL: “PENGGUNAAN STRATEGI CERITA PENDEK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA SISWA KELAS 8 DI SMP NEGERI 3 PALU.” Di bimbing oleh Sudarkam R. Mertosono dan Muhammad Arid. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bahwa pengaplikasian strategi cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas 8 di SMP Negeri 3 Palu, kelas D dan E. Kelas E di namakan sebagai grup eksperimental dan kelas D sebagai grup kontrol. Perlakuan yang di berikan untuk grup eksperimental menggunakan cerita pendek, sedangkan grup kontrol tidak. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes sebelum dan sesudah perlakuan. Hasilnya menyatakan bahwa nilai rata-rata tes sebelum perlakuan dari kedua grup berbeda. Grup kontrol mendapatkan nilai lebih tinggi yaitu 57,19 sedangkan grup eksperimental yaitu 44,69. Kesimpulan ini menunjukan bahwa siswa di grup eksperimental memiliki masalah dalam pemahaman membaca yang perlu di tingkatkan. Setelah perlakuan, kesimpulan dari kedua grup menunjukan perbedaan yang signifikan. Nilai rata-rata dari grup eksperimental meningkat menjadi 71,80 sedangkan grup kontrol 64,45. Proses perhitungan hasil ini di lanjutkan dengan membandingkan t-counted dan t-table dengan menerapkan level signifikan (df) pada 62 (32+32-2). Kesimpulan ini menunjukan bahwa nilai t-counted adalah 8,70 yang mana lebih tinggi dari pada t-table (1.670). Itu artinya bahwa harapan dari penelitian ini di terima. Kesimpulannya, penggunaan cerita pendek dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. kata kunci: Meningkatkan, Pemahaman Reading, Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 15 Aug 2019 07:03
Last Modified: 15 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item