Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SDN Tanamodindi Palu

ANISA DIAH PERMATA (2019) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas IV SDN Tanamodindi Palu. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Anisa Diah Permata (2019). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN Tanamodindi Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Arif Firmansyah Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SDN Tanamodindi pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPS melalui motivasi siswa mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Subyek penelitian berjumlah 22 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 67,27% serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 45,45%. Sedangkan pada siklus II diperoleh persentase daya serap klasikal (DSK) siswa sebesar 79,77%, serta persentase ketuntasan belajar klasikal (KBK) siswa sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar bidang studi IPS dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SDN Tanamodindi. Kata kunci : Motivasi Belajar, Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Elementary School Teacher Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:03
Last Modified: 16 Aug 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item