MEMPERBAIKI KEAHLIAN MENULIS SISWA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU MELALUI TEKNIK KOLABORATIF

GOWAN (2019) MEMPERBAIKI KEAHLIAN MENULIS SISWA KELAS 10 DI SMA NEGERI 1 BOLANO LAMBUNU MELALUI TEKNIK KOLABORATIF. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian in bertujuan untuk menemukan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki kemampuan menulis siswa di siswa kelas 10 SMA Negeri 1 Bolano Lamnunu. Penelitian ini menerapkan desain penelitian quasi experimental yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampelnya adalah X IPA 3 sebagai kontrol kelas dan X IPA 1 sebagai kelas eksperimen. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik cluster random. Instrumen dalam pengumpulan data adalah pre-test and post-test. Hasil dari analisis data mengindikasikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Itu bisa dibuktikan dengan melihat skor rata-rata dari kedua hasil tes dimana skor rata-rata kelas eksperimen meningkat secara signifikan dari 38.33 ke 76.11. Sementara, skor rata-rata kelas kontrol meningkat dari 34.99 menjadi 53.89. Kemudian, dengan menerapkan 38 sebagai derajat kebebasan (df ) dan 0.05 tingkat signifikan, mempersembahkan bahwa t-hitung (5.05) lebih besar dari t-table (1.68). Dengan demikian telah dinyatakan bahwa menggunakan collaborative technique dapat memperbaiki keahlian menulis pada siswa kelas 10 di SMA Negeri 1 Bolano Lambunu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > English Language Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 16 Sep 2019 07:03
Last Modified: 16 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item