MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTs NEGERI 2 PALU

SARTIKA KM (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MTs NEGERI 2 PALU. Undergraduate Theses thesis, Universitas Tadulako.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sartika KM (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di MTs Negeri 2 Palu. Skripsi Progam Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing (I) Mohammad Jamhari, Pembimbing (II) Amram Rede. Pelaksanaan pembelajaran di kelas VII C MTs Negeri 2 Palu lebih banyak berpusat pada guru dan sebagian besar menggunakan metode ceramah dan penugasan. Kondisi ini mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa rendah. Hasil observasi awal didapatkan rata-rata 43,68?ngan kategori kurang berpikir kritis dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan yaitu 75%. Maka tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII C melalui model pembelajaran berbasis masalah di MTs Negeri 2 Palu. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil aktivitas siswa, hasil aktivitas guru dan hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang diambil dari lembar observasi. Hasil penelitian pada tindakan siklus I persentase aktivitas siswa rata-rata 58,2?ngan kategori cukup baik, persentase aktivitas guru rata-rata 67,5?ngan kategori cukup baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 59,65?ngan kategori cukup berpikir kritis. Hasil penelitian pada tindakan siklus II persentase aktivitas siswa diperoleh rata-rata 76,1?ngan kategori baik, persentase aktivitas guru diperoleh rata-rata 77,5?ngan kategori baik, dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 79,84?ngan kategori berpikir kritis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII C di MTs Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate Theses)
Subjects: University Structure > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Tadulako Subject Areas > S1 - Undergraduate Thesis > Faculty of Teacher Training and Education > Biology Education
Depositing User: system estd estd
Date Deposited: 30 Sep 2019 07:03
Last Modified: 30 Sep 2019 06:35
URI: http://repository.untad.ac.id/id/eprint/1712

Actions (login required)

View Item View Item